5 Fakta Avigan, Obat untuk Lawan Corona

Avigan


News Mulia - Avigan merupakan obat yang dikembangkan oleh anak perusahaan Fujifilm, Avigan. Obat ini juga dikenal dengan Favipiravir.

Obat ini sudah diujikan ke para pasien yang terkena virus corona. Uji klinis di Wuhan dan Shenzhen yang melibatkan 340 pasien hasilnya memuaskan.

Apa itu Avigan? Berikut fakta-faktanya:


1. Produksi Jepang

Avigan adalah obat yang diproduksi oleh perusahaan farmasi Jepang Toyama Chemical. Obat ini mengandung bahan aktif favipiravir yang diketahui bisa menghambat aktivitas virus.

2. Jadi obat flu

Pemerintah Jepang pada tahun 2014 mengizinkan Avigan diproduksi untuk digunakan melawan wabah penyakit akibat virus influenza (flu) baru.

3. Punya efek samping serius

Avigan diproduksi secara terbatas dan hanya bisa digunakan atas resep dokter. Dikutip dari Financial Times, Avigan diketahui memiliki efek samping serius bisa menimbulkan kecacatan pada bayi baru lahir. Oleh karena itu Avigan tidak digunakan secara luas sebagai obat flu.

4. Percepat pasien corona sembuh

Hasil tes awal yang dilakukan dokter di China menunjukkan pasien virus corona yang diberi Avigan bisa sembuh lebih cepat dibanding pasien lain.

5. Pernah digunakan untuk lawan Ebola

Avigan juga sempat digunakan dalam kondisi darurat untuk melawan wabah virus Ebola pada tahun 2016. Peneliti menyebut ada harapan obat ini bisa dimanfaatkan untuk beberapa virus lain.

Baca Juga : Klorokuin dan Avigan untuk Melawan Virus Corona

Komentar